4.12.10

WARNA

Warna rupanya tak hanya sekedar warna. Tapi, warna punya banyak manfaat dalam berbagai bidang. Mari kita berkenalan dengan istilah psikologi warna. Sifat-sifat yang bisa dilihat dari warna dan hal ini juga memberikan inspirasi bagi para desain interior untuk menentukan kira-kira warna apa yang serasi dengan keadaan yang ada.

















Kita mulai dengan warna MERAH. Merah melambangkan nafsu, agresi, dan semangat. Selain itu, merah juga dikaitkan dengan produktifitas dan keberanian Warna yang secara instan dapat mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkantekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini sangat disukai kaum muda.
Dekat dari warna merah, ada pula warna PINK. Warna ini melambangkan romantisme dan feminim. Warna pink mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan, juga lucu.
Bertolak belakang dengan HITAM. Power, kecanggihan, kematian, misteri,ketakutan, kesedihan, keanggunan. Warna ini juga digemari untuk alasan kepraktisan, karena netral hingga dapat dikombinasikan dengan warna apa saja. Selain itu juga memberikan kesan formal.
Ada hitam, ada PUTIH. Suci, bersih, tepat, dan tak bersalah. Putih memberikan kesan steril hingga banyak di gunakan di rumah sakit.
Jika hitam dicampur dengan putih, maka ada warna ABU-ABU. Intelek, masa depan, sederhana. Warna ini cenderung netral. Pecinta warna ini adalah orang-orang yang tidak suka tampil menonjol.
BIRU merupakan warna langit dan laut. Melambangkan ketenangan, juga melambangkan kekuatan. Secara keseluruhan, warna ini melambangkan kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan. Ada biru tua yang melambangkan perasaan yang mendalam. Biru tua bersifat konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa. Sedangkan, biru muda dilambangkan sebagai jiwa muda yang sporty. Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya, bertahan, protektif, dan berpendirian tetap.
Alami dan sehat, membikin kita cenderung berpikir warna HIJAU. Selain itu, hijau juga melambangkan perdamaian, keteduhan. Warna daun dan rumput ini juga bisa menyegarkan suasana hati di saat lelah. Warna ini mempunyai sifat meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yangmenyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.
KUNING agaknya lebih ceria, optimis, penuh harapan, dan semangat. Warna ini mempunyai sifat leluasa dan santai. Berubah- ubah tapi penuh harapan,mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi. Kuning itu spontan yang eksentrik. Tak jauh berbeda dengan kuning,
ORANGE disebut-sebut sebagai energi, seimbang, kehangatan, dan keceriaan. Kebangsawanan dilambangkan UNGU. Spiritual, misteri, transformasi, keangkuhan. Warna ini sifatnya agak kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.
Sedangkan, COKLAT dilambangkan dengan kekuatan, energi, kehangatan, kenyamanan, daya tahan. Katanya, warna ini cenderung berciri-ciri suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar